HARGA KAKAO ONLINE

The Chocolate Tree: A Natural History of Cacao, Revised and Expanded Editionkakao merupakn salah satu komoditi yang banyak di gemari dan di tanam oleh para petani di lampung,karena harga kako yang cukup tinggi memancing para pemilik area perkebunan untuk mencoba mengembangkan usaha bercocok tanam biji kako ini.
harga kako atau yang lebih familier kopi coklat itu berkisar antara Rp.15000 s/d 23000.
faktor yang membuat naik turunnya harga kako ini belum banyak di ketahui oleh para petani,jadi mereka hanya nurut saja sama tengkulak tengkulak atau bos bos kakao di sekitar mereka.
karena blum ada penyuluhan harga kako di tingkat petani.
namun pemerintah sudah lama mengontrol perdagangan komoditi di indonesia,kunjungi.situs resmi nya disini.
 dan sebenarnya pemerintahh melalui Kementrian perdagangan republik indonesia memberikan harga standar online Komoditi yang bisa di update setiap hari disini.
nah dari sinilah sebenarnya masyarakat atau petani itu sendiri bisa mngetahui harga standar dari apa yang mereka tanam atau kelola,jadi ga mudah ketipu oleh para tengkulak tengkulak yang bergentayngan.hehehhehe....
nah untuk mngetahui harga kako online dapat dilihat langsung disini.
Namun sangat disayangkan harga itu kadang tidak sesuai dengan yang ada di pasaran.
karena setiap kali saya lihat harga komoditi online,saya bandingkan dengan yang ada di pasaran disini(lampung selatan,kalianda)tidak pernah sama dengan apa yang di standart kan pemerintah.
terkadang malah lebih mahal dan terkadang jauh lebih murah.harga ini saya bandingkan bukan dengan harga yang beredar di petani tetapi saya bandingkan langsung dari para big bos kakao yang ada di bandar lampung.
 keluh kesah dari petani kakao adalh pada saat musim kemarau ,karena walaupun kako berbatang besar tapi kako tidak tahan panas atau harus disiram.hama yang mnyerang kakao itu sulit untuk di basmi,dan biasanya yang banyak terjadi kasus adalah buah kako jadi hitam dan mengering(tidak busuk tapi kering).
Penyebab harga kako yang diterima dari petani itu murah adalah karea peani itu sendiri belum mnegrti bagaimana proses pengolahan kako yang baik dan benar serta akan menghasilkan buah kakao yang berkualitas.
dengan kako yang berkualitas tentu harganya pun akan berkualitas juga.
untuk cara pengolahan kakao dengan baik dan benar bisa di download ebooks nya disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beralih dari Notebook ke Tablet

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang "Hotel Berbintang"

Taman Wisata Bumi Kedaton di Lampung

Arti Lambang Lampung Selatan

SoftwareUntuk Mengembalikan data yang terhapus atau ke format dari memory card

SEGERA ISI ULANG XL ANDA KARENA KEJUTAN ISI ULANG XL MENANTI ANDA

Museum Lampung

Gempa Bumi Di Lampung

Daftar Lengkap Harga Motor Suzuki Baru Bekas