Tsunami dan sebab akibatnya


Tsunami

Panic: People flee as a Tsunami wave crashes into trees in Indonesia on Boxing Day, December 26, 2004

Panic: Orang-orang melarikan diri sebagai crash gelombang Tsunami menjadi pohon-pohon di Indonesia pada Boxing Day, 26 Desember 2004

Wave: Japan has frequent Tsunamis
Wave: Jepang telah Tsunami sering

APA ITU TSUNAMI?

Tsunami adalah arti kata dalam bahasa Jepang''''pelabuhan gelombang yang mengacu pada serangkaian gelombang samudra besar yang menghantam sebuah garis pantai. Gelombang ini mungkin sepanjang 100 km dan perjalanan melintasi lautan dengan kecepatan hingga 800kmh. Mungkin ada aliran gelombang konstan bahwa adonan pantai selama antara 10 dan 60 menit.



APA YANG MENYEBABKAN TSUNAMI?

Tsunami disebabkan oleh gerakan tiba-tiba bumi yang terjadi di bawah laut. Seringkali merusak Tsunami sebagian besar disebabkan oleh gempa bumi, tetapi penyebab juga dapat mencakup letusan gunung berapi, tanah longsor atau bahkan komet memukul laut.

Friction: Tectonic plates rub against each other
Gesekan: piring Tectonic bergesekan satu sama lain

BAGAIMANA GEMPA BUMI BAWAH LAUT MULAI?

Bumi duduk di sekitar selusin lempeng tektonik. Ini adalah peices mengambang besar hard rock yang terus bergerak dan cocok bersama-sama di seluruh dunia seperti gergaji ukir. Bawah gempa bumi terjadi ketika salah satu dari lempeng yang bergesekan lain di batas lempeng.Dua piring dapat menjadi terjebak karena piring lebih berat mencoba untuk slide bawah ringan lainnya. Hal ini menyebabkan membangun tekanan dalam proses yang tahu sebagai subduksi.
Sebagai pelat berat terus geser di bawah piring ringan, hal itu menyebabkan plat lebih ringan untuk menekuk ke bawah dengan tekanan. titik A datang ketika pelat ringan tidak bisa lagi mengambil tekanan dan tiba-tiba terkunci kembali ke permukaan di mana sebelumnya.
Kekuatan luar biasa dari lempeng bumi ke atas penembakan di dalam air menyebabkan kenaikan besar di permukaan laut. Sebuah badan besar air bergerak ke atas - seperti gunung besar air di laut.

BAGAIMANA TSUNAMI BERKEMBANG?

Semua orang tahu bahwa apa yang naik pasti harus turun. Hal ini terutama berlaku untuk air yang selalu suka untuk membentuk permukaan datar yang bagus. Jadi sekali gunung air telah naik sampai langkah berikutnya adalah untuk laut ke tingkat sendirinya.
Gunung air datang kembali. Hal ini mendorong air yang di bawahnya ke luar. Kekuatan gerakan air melalui laut menyebabkan kekuatan bawah laut yang perjalanan selama ratusan kilometer. Kekuatan air dapat mencapai kecepatan hingga 800kmh karena gelombang melalui laut.Energi yang di bawah air dan tidak terlihat di permukaan.
Sebagai gaya ini berjalan melalui laut pada akhirnya dapat mencapai pantai. Pada titik ini, laut menjadi dangkal. Namun, energi dalam air masih sama. enegery ini dipadatkan dan air didorong ke atas. Ini adalah bagaimana energi tersebut dipindahkan dari yang underater menjadi gelombang di permukaan.

MUNGKINKAH SESUATU YANG HARUS DILAKUKAN?

Sayangnya tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah Tsunami.Namun, ada beberapa organisasi yang menggunakan teknologi yang kompleks untuk memantau pergerakan lempeng bumi dan perubahan mendadak dalam gerakan air. Ada juga peringatan dan prosedur evakuasi di tempat sekitar negara-negara seperti Jepang dan Hawaii di mana Tsunami sering terjadi.
Setiap gempa mendadak yang terjadi di bawah air akan terdeteksi dengan cara yang sama dari pada gempa bumi di darat. Ini diukur pada skala Richter. Jika ini dicatat maka sistem peringatan kadang-kadang dapat diaktifkan untuk mengevakuasi orang.

Wreckage from Aleutian Islands
Reruntuhan dari Kepulauan Aleut

SEJARAH TSUNAMI

  • Indonesia (Mentawai) - 25 Oktober 2010
  • Indonesia - 26 Desember 2004
  • Papua New Guinea - 17 Juli 1998
  • Laut Jepang - 26 Mei 1983
  • Alaska Britis Columbia - 27 Maret 1964
  • Chili - 22 Mei 1960
  • Kepulauan Aleut - 1 April 1946

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siger Dan Sejarahnya

Koleksi Lagu Lagu Lampung

Koleksi Lagu daerah Lampung 2

Prasasti Batu Bertulis Di Palas

Koleksi Lagu Klasik Daerah Lampung

Penerimaan CPNS Dosen PTN Kemdikbud www.kemdikbud.go.id

Pengumuman Penerimaan CPNS BMKG 2012 Online di Website www.bmkg.go.id

Daftar Lengkap Harga BlackBerry Terbaru - Baru Bekas Socond 2nd