Asap Krakatau Mengarah Ke Lampung

Asap kelabu Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda membubung setinggi 300 meter dan mengarah ke utara atau ke Lampung.
"Warnanya kelabu, setelah sehari sebelumnya berwarna hitam, putih, dan asapnya mengarah ke Lampung," kata Kepala Pos Pemantau GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anton S Pambudi, Minggu.

Dia menjelaskan, warna kelabu yang terjadi terhadap GAK merupakan fenomena biasa. "Kami masih menetapkan status GAK Waspada atau level II," ujarnya.

Dengan status tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih melarang masyarakat atau turis untuk mendekat pada radius dua kilometer.

"Kami melarang siapa pun untuk mendekat pada radius dua kilometer karena jika masuk diwilayah itu, maka keselamatannya tidak terjamin karena rentan terkena semburan material dari perut Gunung Anak Krakatau," jelasnya.

Selain debu yang bersuhu di atas 600 derajat celsius, GAK memuntahkan batu serta kerikil bersuhu hingga 1.000 derajat celsius.

"Ukuran batu yang keluar dari perut GAK bisa sebesar bola sepak, sementara itu untuk kerikil seperti kacang, dan jika terkena tubuh maka akan tembus dan bolong," katanya menjelaskan.

Sejak 28 Oktober 2010, status GAK naik dari aktif normal atau level I menjadi Waspada. Kegempaan yang terjadi masih fluktuatif, mencapai 600-700 kali.

"Kalau sekarang kegempaannya tidak terekam selama 24 jam. Data yang terpantau sepanjang Sabtu tanggal 4 Desember 2010 sejak pukul pukul 09:57 - 15:46WIB sebanyak 123 kali. Hal ini disebabkan, Solar Panel pada Sismometer tertutup oleh debu tebal dari gunung tersebut," kata Anton.

Secara rinci, jumlah kegempaan di GAK itu terjadi vulkanik dalam (VA) satu kali, vulkanik dangkal (VB) 60, letusan 24 kali, tremor letusan 16 kali, tremor harmonik satu kali, dan hembusan 21 kali.

sumber : nasional inilah dot com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siger Dan Sejarahnya

Penerimaan CPNS Dosen PTN Kemdikbud www.kemdikbud.go.id

Pengumuman Penerimaan CPNS BMKG 2012 Online di Website www.bmkg.go.id

Daftar Lengkap Harga BlackBerry Terbaru - Baru Bekas Socond 2nd

Harga Motor Harley Davidson Terbaru Agustus 2012 Terlengkap Terkini

Arti Lambang Lampung Selatan

Harga SAMSUNG Galaxy Tab Terbaru Terlengkap